Stop Blaming & Take Responsibility

William Lautama

YOT CA Institut Teknologi Bandung

Inspiring article bulan April

 

With great power, comes great responsibility!” cuplikan sebuah kalimat yang dilontarkan Paman Ben kepada Peter Parker dalam film Spiderman ini merupakan salah satu kutipan yang terkenal di dunia. Pesannya adalah dalam posisi apapun, kita memiliki POWER dan harus bertanggung jawab apapun yang dilakukan dalam posisi tersebut! Maksud POWER disini adalah pengaruh/peran, jika kamu asisten dosen maka kamu mempunyai peran untuk membagikan ilmu kepada kelas yang diajar atau jika kamu adalah seorang aktivis maka kamu berperan terhadap keberjalanan organisasi dimana kamu berada.

Respon yang sebagian besar dilakukan ketika melakukan kesalahan adalah mencari ‘kambing hitam’ (kasihan kan kambing melulu yang disalahkan :p). Pikirannya langsung mengelak, mulut mengucapkan sejuta alasan, dan telunjuk diarahkan kepada orang lain yang menjadi korban. Apakah kamu salah satu orang seperti itu? Jika YA, maka sudah dipastikan bahwa kamu adalah orang SULIT untuk maju. Apapun yang terjadi dalam hidup, BAIK atau BURUK, hentikan menyalahkan orang lain, hentikan menyalahkan lingkungan apalagi menyalahkan diri sendiri!

Ada yang bilang jika terjadi hal buruk kepada anda maka SALAHKAN diri sendiri karena apapun yang terjadi dalam hidup, kamulah yang membuatnya jadi kesalahan ada padamu. Ada juga yang bilang jika terjadi hal buruk maka JANGAN PERNAH SALAHKAN diri sendiri karena jika kamu menyalahkan diri sendiri, maka kamu akan kehilangan kepercayaan diri anda. Apapun itu, saya tidak setuju dengan kedua hal diatas. Mindset yang tepat adalah STOP MENYALAHKAN dan MULAI BERTANGGUNG JAWAB! Kamu hanya perlu bertanggung jawab dan mengambil tindakan untuk menjadikan segalanya menjadi LEBIH BAIK.

Karakter bertanggung jawab adalah melaksanakan kewajiban dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya adalah manusia tidak sempurna dan bertanggung jawab memperbaiki keadaan yang dialami dan dirasakannya. Orang yang memegang tanggung jawab atas dirinya sendiri, adalah orang yang memegang kendali TAKDIR hidupnya. Takdirmu ingin sukses? BERTANGGUNG JAWABLAH!

Kamu bisa memberi saran dan kritik untuk artikel ini atau artikel selanjutnya, silahkan kontak saya di akun twitter @WilliamLautama

1 thought on “Stop Blaming & Take Responsibility

Comment & Ask anything you like here :)